Diposting Pada: Senin, 00 00 0000
Pelatihan Kepemimpinan Profetik bagi siswa di MAN Ma. Bulian


Pelatihan Kepemimpinan Profetik bagi siswa di MAN Ma. BulianBatanghari (MAN Muara Bulian)- Bertempat disalah satu ruang labor IPA MAN Muara Bulian diselenggarakan kepelatihan bagi siswa MAN Muara Bulian bertemakan “Pelatihan Kepemimpinan Profetik bagi siswa”. Pelatihan ini diikuti sekitar 36 siswa perwakilan dari 12 kelas yang ada yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari.



Menurut Nurdin, S.Pd, M.PdI (Waka Kesiswaan), pelatihan ini bermaterikan: Tahsinul Qur’an, Kajian Shalat, Do’a Sholat dan Tahlil dan Penyusunan Proker. Dan pelatihan ini di bimbing oleh para guru guru PAI MAN Muara Bulian: Hj. Rohmi, S.PdI, Ust. Sopian, S.Ag, Ust. Imron, S.Ag dan Nurdin, S.Pd, M.PdI



Kepemimpinan profetik adalah model kepemimpinan yang digali dari konsep dan praktik kepemimpinan Rasulullah Saw dalam membangun masyarakat baru yang berdasarkan keyakinan ilahiyah dan prinsip-prinsip ajaran Islam.



Kepemimpinan profetik membawa misi kemajuan moral dan spiritual manusia, menanamkan motif-motif kehidupan yang lebih tinggi dan agung, yaitu berupa kualitas kebaikan, keindahan, keadilan, kedermawanan, kehalusan, dan sifat-sifat agung lainnya. Berbekalkan sifat dan karakter tersebut, maka semua nabi dan rasul sukses membawa perubahan dan kemajuan membangun sikap hidup pengikut dan masyarakatnya sesuai dengan zamannya masing-masing (Mujtahid, 2011).



Menurut nara sumber membuat peserta didik berilmu merupakan pekerjaan mulia di sisi Allah SWT. Supaya ‘ibadah’ ini tidak kehilangan arah, guru harus mencari ’seorang figur’, seorang suri tauladan yang menjadi acuan guru dalam ‘ibadah’ itu. Figur yang ideal yang bisa dicontoh pada setiap kondisi adalah model pembelajaran para nabi, yang disebut kepemimpinan profetik.



Micheal H. Hart menempatkan Nabi Muhammad saw dalam urutan pertama di antara seratus tokoh yang paling berpengaruh. Pilihan ini bukan tanpa alasan. Nabi Muhammad saw berhasil mengubah sendi-sendi kehidupan manusia.



Perubahan yang dilakukan olehnya masih terasa sampai saat ini. Ajarannya senantiasa dilaksanakan terus-menerus oleh umatnya tanpa perubahan apapun. Bukan janji belaka tetapi bukti nyata yang dapat diterima oleh semuamanusia.



“Harapan kita, diharapkan 3 (tiga) siswa wakil dari masing masing kelas setelah pelatihan ini bisa menularkan nilai nilai ajaran Rasulullah kepada teman teman dikelasnya”, kata Drs. Raden Akhmad, Kepala MAN Muara Bulian.

(am)

 


116x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 54.158.251.104
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved