Diposting Pada: Senin, 00 00 0000
MAN Muara Bulian kedatangan Tamu Para Praktek Kerja lapangan


MAN Muara Bulian kedatangan Tamu Para Praktek Kerja lapangan BATANGHARI (MAN Muara Bulian). Suasana agak berbeda pada hari Senin, 4 Pebruari 2013 di MAN Muara Bulian, karena pada hari itu MAN Muara Bulian kedatangan tamu "istimewa": para mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAI) Muara Bulian yang akan mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). PPL ini berlangsung selama 2 (bulan) dari tanggal 4/2/2013 sampai 4/2/2013.



Diantar langsung oleh Dosen pembimbing Mahmud SY, S.Pd, M.Pd, PPL ini diikuti 12 (dua belas) mahasiswa semester akhir: 7 orang jurusan PAI dan 5 jurusan KI. Jurusan PAI akan melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas sedang yang jurusan KI akan diarahkan ke kegiatan administrasi di kantor dan perpustakaan. Selama PPL ini, para mahasiswa akan dibimbing oleh guru pamong dari unsur guru dan Tata Usaha.



Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung dalam proses pembelajaran dan proses administasi di lembaga pendidikan dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengabdikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh di kampus. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). merupakan wujud relevansi antara teori yang didapat selama di perkuliahan dengan praktek yang ditemui baik dalam dunia usaha swasta maupun pemerintah.



Adapun tujuan dari Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan:

(1) memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan mengetahui secara langsung tentang proses pembelajaran yang sebenarnya;

(2) menjadi mediapengaplikasian dari teori yang diperoleh dari bangku kuliah ke tempat kerja;

(3) Meningkatkan hubungan kerjasama antara perguruan tinggi dengan instansi.



Kepercayaan STAI Muara Bulian yang menempatkan mahasiswanya di MAN Muara Bulian akan dijadikan sarana untuk berkalaborasi menemukan model, pendekatan, strategi proses pembelajaran yang sebenarnya (truly learning) sehingga bisa membantu Madrasah dalam ‘membelajarkan’ siswanya secara efektif.



Selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) para mahasiswa sebagai calon guru akan dinilai berdasar format “performance-based” (berbasis kinerja) yang mengacu pada 4 (empat) kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru:

kompetensi profesional: kedalalam ilmu yang tentang mata pelajaran yang diampu, kompetensi pedagogik: bagaimana menyampaikan ilmu itu kepada siswa, kompetensi kepribadian: sifat dan watak calon guru dan kompetensi sosial: kemampuan bergaul, komunikasi dengan orang orang sekitar. Dan menurut waka kurikulum MAN Muara Bulian, mahasiswa juga akan dinilai

kompetensi TIK (tehnologi informasi dan komunikasi) yaitu bagaimana mahasiswa memanfaatkan tehnologi untuk proses pembelajaran.



Dalam PPL kali ini MAN Muara Bulian mencoba format baru penilaian, yaitu: " bercermin dengan siswa’ (students’ satisfaction). Artinya, berkualitas atau tidak proses pembelajaran yang diberikan guru, tidak dilihat dari "tebal" perangkat pembelajaran: silabus, program tahunan, program

semester, RPP atau penilaian yang diberikan guru pamong dengan supervisi dalam kelas ‘hanya’ melihat guru itu mengajar. Tetapi, kualitas ditentukan oleh kepuasan konsumen (baca- siswa) dalam mendapat layanan belajar dari guru. Dalam hal ini, para siswa akan ‘diinvestigasi’ secara ilmiah untuk mencari informasi tentang kualitas pembelajaran yang diberikan oleh para mahasiswa, sehingga akan memuncul sebuah penilain yang lebih objektif dan bisa diterima oleh semua pihak.



Diharapkan PPL ini memberi kontribusi terhahap peningkatan kualitas proses pembelajaran di MAN Muara Bulian, sehingga para siswanya bisa mengabdi di tengah masyarakan” kata Drs. Raden Akhmad, Kepala MAN Muara Bulian. (am)

 


176x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 54.158.251.104
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved