Diposting Pada: Senin, 00 00 0000
MAN Muara Bulian Laksanakan Ujian Sekolah Madrasah


MAN Muara Bulian Laksanakan Ujian Sekolah MadrasahBatanghari (MAN Muara Bulian) -Terhitung mulai tanggal 11 hingga 15 Maret 2013, MAN Muara Bulian dan MAS Anggota KKMA MAN Muara Bulian (MAS Nurul Falah Malapari, MAS Darul Aufa Sungai Buluh, MAS Irsyadul Ibad Simpang Kubu Kandang, MAS Darusyafiiah Rantau Puri, MAS Darqis Simpang Malapari) menyelenggarakan Ujian Akhir Sekolah/Madrasah, ujian ini bukanlah ujian biasa, karena ujian ini adalah proses penentuan kelulusan para siswa ditahun pelajaran 2012/2013.



Menurut Peraturan Mendikbud RI Nomor 3 tahun 2013 tentang kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dan penyelengaraan ujian sekolah, madrasah, pendidikan kesetaraan dan Ujian Nasional dan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0020/P/BSNP/I/2013 Tentang Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah tahun pelajaran 2012/2013, ujian ini akan berkontribusi 60% untuk Nilai Sekolah/Madrasah, sedangkan menurut POS UN 2013, kelulusan siswa ditentukan oleh Nilai akhir (NA), Nilai akhir tersebut diperoleh dari 60% Nilai Ujian Nasional dan 40% dari Nilai Ujian Sekolah/Madrasah. Sedangkan Nilai Ujian Sekolah/Madrasah diambil dari 60% dari Ujian Akhir Sekolah/Madrasah dan 40% dari nilai rata-rata rapor semester 3,4 dan 5.



Bagi MAN Muara Bulian, ujian ini diformat Ujian seperti Ujian Nasional (UN-like-test) untuk memberikan kesempatan kepada para siswa untuk merasa bagaimana menjawab Ujian Nasional sekaligus untuk mendapatkan kondisi riil tentang kemampuan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional.



“Ujian sekolah/Madrasah ini memang dimulai lebih awal dari sekolah-sekolah lain, karena nilai ujian sekolah/madrasah sudah dikirim ke Diknas Kabupaten Batanghari paling lambat 25 Maret 2013. Dan pada 18 Maret nanti MAN Muara Bulian kembali akan menyelenggarakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN)’, ujar Drs.Raden Akhmad, Kepala MAN Muara Bulian.



Para guru sebagai pengawas sepakat untuk menyelenggarakan Ujian sekolah/Madrasah sesuai dengan prosedur dan kriteria Ujian Nasional khususnya dalam pengawasan ujian tersebut, para siswa juga diminta untuk (belajar) jujur dalam menjawab soal soal ujian.



“Tingkat kesulitan soal Ujian ini sedikit lebih sulit dari Ujian Nasional(UN), untuk membiasakan siswa dalam menganalisis soal secara komprehensif", ungkap Waka.Kurikulum MAN Muara Bulian. (am/pas)

 


212x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 3.223.3.251
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved