Diposting Pada: Rabu, 23 September 2020
Mudahkan Calon Mempelai, Pembayaran Biaya Nikah diluar Balai KUA Kecamatan Muara Bulian


Mudahkan Calon Mempelai, Pembayaran Biaya Nikah diluar Balai KUA Kecamatan Muara BulianBatang Hari (Inmas) – Melalui Kasi Bimas Islam, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten Batang Hari kini memberlakukan pembayaran biaya nikah diluar balai kantor KUA Kecamatan dan jam kerja kantor melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan.

“Di kabupaten Batang Hari baru di KUA Kecamatan Muara Bulian yang bisa menerima pembayaran billing biaya nikah melalui EDC BRI sehingga calon pengantin tidak perlu lagi melakukan pembayaran di Kantor Cabang BRI tapi cukup di Kantor KUA,” ujar Abdurrahman, S.Ag Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari pada Rabu (23/9/2020).

Kegiatan penyerahan mesin EDC dilaksanakan di KUA Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Launching ini ditandai dengan pembayaran billing calon mempelai di KUA Muara Bulian dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Penggunaan EDC di Kantor KUA membantu pelayanan pada Kantor Kementerian Agama khususnya pelayanan Nikah, hal ini dimaksudkan agar pelayanan lebih transparan, akuntabel dan lebih cepat lagi. Masyarakat lebih cepat terlayani dan tidak antri di Kantor Cabang BRI,” bebernya.

Hal ini juga lanjutnya, mendukung program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid19) yang saat ini dihadapi bersama sehingga penggunaan mesin EDC juga memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam bertransaksi. “Ini juga mendukung program Kementerian Agama terkait gratifikasi dalam pelayanan Nikah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Urusan Agama Kecamatan Muara Bulian Amiruddin Anshori, S.Sos.I mengatakan, ucapan terima kasih kepada BRI yang terus konsisten membantu pemerintah Khususnya Kemenag dalam penerapan Zona Integritas.

“Selain itu penempatan dan penggunaan EDC juga mengurangi transaksi tunai yang sangat dianjurkan pada masa Pandemi seperti sekarang ini,” pungkasnya.

Penulis : Paisal Shobry

 


30x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 54.236.35.159
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved