Diposting Pada: Senin, 18 Januari 2021
Bersama MUI, Kemenag Batang Hari Latih Juru Sembeli Halal


Bersama MUI, Kemenag Batang Hari Latih Juru Sembeli HalalBatang Hari (Inmas) - Sabtu, 16 Januari 2021, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari Drs. Al Jufri, M.Pd.I bersama Bidang Fatwa dan Ukhuwah Islamiyah MUI Kabupaten Batang Hari membuka pelatihan Juru Sembelih Halal yang dipokuskan pada hewan berkaki 2 (Ayam dan Bebek).

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari Drs. Al Jufri, M.Pd.I memaparkan, pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian LPPOM MUI demi terlaksanannya penyembelihan hewan yang aman, sehat, dan sesuai kaidah syariah.

“Ke depan diharapkan akan lebih banyak lagi juru sembelih yang memahami kaidah penyembelihan sesuai dengan kaidah Islam,” katanya.

Sebelumnya disampaikan oleh Ketua MUI Bauatang Hari, Drs. KH. Zahareuddin, AK mengatakan, pelatihan seperti ini penting agar nantinya diperoleh kualitas daging yang tidak berbahaya bagi konsumen. Kualitas daging yang dimaksud tentu saja harus halal, tidak kotor, tidak berbau, dan tidak busuk.

“Daging ayam atau bebek membutuhkan penanganan yang higienis dan tepat untuk memastikan halal dan thayyib,” ujarnya.
Proses penyembelihan daging, imbuhnya, adalah proses paling penting dari tersajinya daging di meja makan. Proses ini juga menjadi faktor paling penting dalam menentukan apakah daging tersebut halal dan baik atau tidak.

“Penyembelihan hewan kurban menjadi salah satu faktor pemenuhan kriteria halal serta titik kritis dalam menghasilkan daging yang halal dan thayyib,” katanya.

KH. Zaharudin lanjut ia menjabarkan, selama ini yang terjadi di lapangan banyak ditemukan penjual ayam melakukan penyimpangan. Misalnya, dari proses penanganan hasil penyembelihan hingga proses penjualan daging ayam potong.

Penulis : Paisal Shobry

 


172x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 54.158.251.104
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved