Diposting Pada: Rabu, 24 Februari 2021
Kemenag Batang Hari Fasilitasi Perpanjangan Pasport Bagi Calon Jamaah Haji


Kemenag Batang Hari Fasilitasi Perpanjangan Pasport Bagi Calon Jamaah HajiBatang Hari (Inmas) - Ketidakpastian pemberangkatan calon jemaah haji ke tanah suci Mekkah membuat khawatir mereka yang masa paspornya tidak lama lagi jatuh tempo. Mengantisipasi hal itu, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batang Hari sedang mengurusi puluhan paspor jemaah yang masanya sudah habis.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Batang Hari melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Helmi, S.Ag menerangkan, hingga saat ini Kabupaten Batang Hari belum menerima berapa kuota jemaah haji yang akan diberangkatkan.

"Kepastiannya belum ada. Biasanya pemerintah Indonesia menerima MOU terkait pemberangkatan haji dari pemerintah Arab Saudi. Namun sampai sekarang belum ada," kata Helmi yang ditemui di ruang kerjanya Selasa (23/2/2021).

Ia menjelaskan, meski belum ada kepastian pemberangkatan calon jemaah haji, instansinya tetap mempersiapkan kebutuhan calon jemaah haji, termasuk paspor jemaah yang akan katuh tempo. "Contoh hari ini kita sedang mendampingi jemaah lama yang paspornya akan berakhir. Maka kemudian kami melakukan pendampingan perpanjangan atau membuat paspor baru. Itu kerjasama dengan Kantor Imigrasi yang bersedia turun langsung ke kantor kita," terang dia.

Helmi tak menampik, meski belum ada kepastian pemberangkatan haji di 2021, pihaknya perlu melengkapi kesiapan jemaah, mulai dari kegiatan manasik haji dan paspor keberangkatan. "Memang belum ada kepastian, namun jika sewaktu-waktu ada jumlah kuota yang diberikan di Kabupaten Batang Hari, tentu kami lebih siap," katanya.

Dalam kesempatan ini pula, Helmi juga menyampaikan bahwa, jika saat ini pihaknya membuka pendaftaran bagi calon jemaah 2021. Kendati demikian belum ada informasi lebih lanjut kepada para calon jemaah yang mendaftar. Ia menjelaskan terancamnya penundaan haji di 2020 dan 2021 akan mempengaruhi pemberangkatan calon jemaah di tahun-tahun selanjutnya. Beliau juga menyampaikan bahwa daftar tunggu jemaah semakin bertambah.

Penulis : Paisal Shobry

 


40x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 3.230.143.40
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved