Diposting Pada: Selasa, 22 Juni 2021
Pengukuhan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Batang Hari


Pengukuhan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Batang HariBertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari, Rabu, 05 Dzul Qaidah 1442 H/16 Juni 2021 M, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari Drs.Al-Jufri,M.Pd.I melaksanakan pengukuhan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (PC.APRI) Kabupaten Batang Hari untuk masa Bhakti 2021-2025.
Acara Pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh Pengurus Wilayah APRI Provinsi Jambi, usai Membimbing Pengucapan Kata Pengukuhan kepada Pengurus Cabang APRI Kab.Batang Hari, yang diikuti oleh seluruh pengurus PC.APRI Kab.Batang Hari, juga dilakukan Prosesi Penyerahan Pakata/Bendera PC. APRI Kabupaten Batang Hari dari PW.APRI Provinsi Jambi Kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari yang selanjutnya diserahkan Kepada Pengurus PC.APRI Kab.Batang Hari. Dalam Sambutannya Ketua Pengurus Wilayah APRI Provinsi Jambi Drs.H.Rusli Adam, M.HI menyampaikan antara lain :
1. Mengutip dari hal-hal yang disampaikan oleh Panitia, meski dalam kondisi keterbatasan jumlah rasio perkecamatan dalam Kabupaten Batang Hari, namun para penghulu tetap dituntut Profesional dalam melaksanakan tugas-tugas kepenghuluannya dengan terus menambah pemahaman keilmuan tentang perkawinan, inilah gunanya adanya APRI ini hendaknya dijadikan suatu wadah atau media diskusi tentang hal yang berkaitan dengan tugas, terlebih pada saat ini dengan berbagai media online, semua hal-hal dan problema muncul setiap saat tidak menutup kemungkinan yang berkaitan dengan perkawinan dan masalah rumah tangga lainnya. Sementara itu beliau juga menyampaikan, tidak ada lagi semacam pembodohan pada masyarakat, misalnya saja ketika akan dilaksanakan pencatatan nikah masih ada terjadi mengarahkan si-wali nikah untuk berwakil. Langkah cerdas penghulu terhadap hal demikian manfaatkan masa pemeriksaan untuk menghadirkan wali pada saat pemeriksaan dokumen sembari memberikan bimbingan untuk pengucapan ijab, sebelum pencatatan sebenarnya dilakukan atau dilaksanakan.
2. Secara penampilan penghulu hendaknya harus bisa memberikan kesan yang konfident, kesan ini disamping memberikan penghormatan kepada yang punya hajat juga memberikan kesan bahwa tugas sebagai seorang penghulu bukan lah tugas orang-orang sembarangan, melainkan tugas orang-orang pilihan yang dipercayakan oleh Kementerian Agama yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat, jangan lagi ada penghulu-penghulu kita didiskriditkan oleh sistem serta masyarakat, baik dalam tugas apalagi dalam penampilan.
3. Jadikan Penghulu dikecamatan sebagai agen Informasi keagamaan bagi masyarakat. Hal ini disebabkan masyarakat akan mendatangi KUA - KUA untuk mendapatkan berbagai informasi kegiatan keagamaan seperti masalah Wakaf, Hibah, Rumah Ibadah, Haji, dll.

Acara Pengukuhan ini diclosing statemen dengan Pengarahan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari, dalam arahannya Kepala Kantor Kememterian Agama Kabupaten Batang Hari Drs.Al-Jufri,M.Pd.I menyampaikan hal-hal yang berkenaan dengan tugas-tugas Kepenguhuluan baik tugas sebagai Organisasi maupun sebagai tugas Profesi.
Sebagai tugas Organisasi diantaranya adalah bagaimana PC APRI Kabupaten Batang Hari setelah dikukuhkan ini, mampu membawa dan menjadikan anggotanya semakin Profesional dalam menjalankan tugas-tugas kepenghuluan dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat tidak sekedar tugas-tugas pencatatan perkawinan saja akan tetapi tugas-tugas lain yang berkenaan dengan kegiatan keagamaan ditengah-tengah masyarakat, terlebih pada saat pandemi Covid -19 ini, yang kita sendiri tidak akan tahu kapan akan berakhirnya, terlebih lagi dengan “Program Revitalisasi KUA yang dicanangkan oleh Menteri Agama RI beberapa waktu yang lalu , tentunya perlu dukungan dan kesatuan para penghulu dalam menyambut, melaksanakan serta menyukseskan Program dimaksud.
Sedangkan sebagai tugas Profesi, dimana Penghulu dituntut semakin maksimal dalam menjalankan tugas-tugas kepenghuluan, tetaplah laksanakan tugas tersebut berdasarkan tupoksi.
Semoga PC.APRI Kab.Batang Hari yang dinakhodai oleh H.Alexander Firmasyah, S.HI beserta pengurus lainnya mampu menjawab berbagai tantangan profesi kepenghuluan empat tahun kedepan, demikian ujar Ka.Kankemenag Kabupaten Batang Hari.

Sumber : # PC.APRI B.Hari #

 


290x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 35.172.217.174
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved