Diposting Pada: Senin, 28 Juni 2021
Evaluasi dan Finalisasi Pemantapan Persiapan Akreditasi Madrasah Tahun 2021


Evaluasi dan Finalisasi Pemantapan Persiapan Akreditasi Madrasah Tahun 2021Akreditasi merupakan bagian terpenting dalam menetapkan kelayakan suatu lembaga atau sekolah/madrasah untuk melaksanakan operasionalnya. Untuk mendukung madrasah yang akan di akreditasi pada tahun 2021 ini, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari membuat suatu perencanaan dengan mengadakan berbagai cara untuk menciptakan madrasah yang lebih maju di masa yang akan datang.

Dalam acara tersebut, Bapak Drs. Al Jufri, M.Pd.I menyampaikan “Madrasah saat ini harus mampu bersaing dengan satuan pendidikan lain, untuk mengukur sejauh mana madrasah berkualitas salah satunya adalah dari akreditasi. Untuk itu mari kita persiapkan dengan baik dokumen-dokumen yang dibutuhkan madrasah untuk di akreditasi.” Lebih lanjut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari menyampaikan mengenai asesor, tentunya penilaian yang dilakukan saat ini jauh berbeda dengan yang terdahulu.

Ada beberapa kegiatan dalam acara tersebut, dimulai dengan sambutan dari kepala kantor kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok, evaluasi dan finalisasi dokumen persiapan akreditasi yang dipandu oleh Bapak Asmadi, S.Pd.I., M.Pd. selaku Ketua Kelompok Kerja Pengawas Madrasah. Dalam hal ini beliau turut menyampaikan dalam persiapan dokumen akreditasi madrasah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama dokumen yang diupload. Adapun sebaran butir IASP (Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan) untuk jenjang MI adalah 35 butir inti dan 1 butir khusus, untuk jenjang MTs dan MAN masing-masing adalah 35 butir inti.

Adapun tujuan dari akreditasi adalah memberikan informasi tentang kelayakan sekolah/madrasah atau program yang dilaksanakan berdasarkan standar nasional pendidikan, memberikan pengakuan peringkat kelayakan dan memetakan mutu pendidikan berdasarkan standar nasional pendidikan.

 


153x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 35.172.217.174
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved