Diposting Pada: Rabu, 18 Mei 2022
Pengukuhan Pengurus Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam


Pengukuhan Pengurus Forum Komunikasi Penyuluh Agama IslamBatang Hari (Humas) -- Bupati Batang Hari M. Fadhil Arif, SE mengukuhkan pengurus Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FK-PAI) Non PNS pada Selasa (17/05/2022) bertempat di pendopo rumah dinas bupati.

Pengukuhan Pengurus FK-PAI Kabupaten Batang Hari masa khidmat 2021 - 2024 ini dilaksanakan sesuai dengan surat Keputusan kementrian agama nomor 65 tahun 2021 tentang keputusan pembentukan forum komunikasi penyuluh agama Islam non pegawai negeri sipil tahun 2021 – 2024.

Kegiatan pengukuhan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Umul Qur’an dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah pengurus FK-PAI yang dipandu langsung oleh Bupati Kab. Batang Hari. Setelah pengambilan sumpah acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang Hari dan Bupati Batang Hari sebelum ditutup dengan do’a dan ramah tamah.

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Kab. Batang Hari Drs. Al Jufri, M.Pd.I menyampaikan bahwa hingga saat ini di lingkungan Kementerian Agama Kab. Batang Hari hanya terdapat 4 orang Penyuluh Agama Islam (PAI) PNS. Dari latar belakang itu pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Hadir dengan memperbantukan PAI Non PNS.

“Untuk Kabupaten Batang Hari terdapat 68 orang PAI Non PNS yang akan ditempatkan di kecamatan dengan tugas dan fungsi masing-masing yang insyaallah siap bersinergi mendukung program Pemda Batang Hari ,” ujar Al Jufri.

Bupati Batang Hari berharap setelah dikukuhkan FK-PAI Kab. Batang Hari dapat bekerjasama dengan Da’i, Baznas dan MUI Batang Hari dalam memberantas buta aksara Qur’an serta memberikan penyuluhan kepada masyarakat Batang Hari. M. Fadhil Arief, SE juga menyarankan kepada para penyuluh untuk merubah metode syiar agar lebih efektif dan menyentuh rakyat.

“Penyuluh juga perlu berinovasi dalam melaksanakan syiar, tidak lagi hanya dengan cara-cara konvensional tapi bisa memunculkan inovasi dan cara-cara lainnya yang lebih menyentuh rakyat,” kata Fadhil Arief.

Ditemui setelah acara pengukuhan, Ketua FK-PAI Ahmad Januarsyah, S.Sos berharap dengan adanya pengukuhan ini akan semakin erat kerjasama antara Penyuluh Agama Islam dan Pemerintah Daerah dalam menciptakan sebuah perubahan dan peradaban yang lebih baik di Kabupaten Batang Hari.

“Kami juga berharap dengan tugas yang diemban oleh penyuluh ada semacam perhatian khusus dari Pemda terkait eksistensi, kontribusi dan fasilitas untuk para penyululuh dalam menyiarkan dakwah sebagai perpanjangan tangan baik dari pemerintah pusat maupun daerah,” ujar Ahmad Januarsyah.



Penulis : Suryani
Editor : Meki Ansori

 


375x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 3.235.195.196
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved