Diposting Pada: Jumat, 20 Mei 2022
Calon Jemaah Haji Kab. Batang Hari Lakukan Vaksinasi Meningitis


Calon Jemaah Haji Kab. Batang Hari Lakukan Vaksinasi MeningitisBatang Hari (Humas) – Sebanyak 96 calon jemaah haji asal Kab. Batang Hari melakukan vaksin meningitis sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci di Arab Saudi. Sebelum menerima vaksin meningitis, jemaah haji dipastikan telah menerima vaksin Covid-19 sebulan sebelumnya.

Sesuai dengan aturan yang ditetapkan Arab Saudi, jemaah haji yang akan berangkat ke Arab Saudi harus divaksin meningitis, dan Vaksin Covid-19 hingga dosis booster. Persyaratan tersebut telah diinformasikan ke jemaah haji oleh staf Penyelenggaran Haji Umrah Kemenag Kab. Batang Hari.

Mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kab. Batang Hari yang berhalangan hadir, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit - Nurjali, S.Km., M.Kes menyatakan bahwa vaksin meningitis yang akan diberikan hari ini, hukumnya wajib karena itu merupakan syarat untuk berangkat.

“Setelah divaksin Meningitis atau yang biasa dikenal dengan Radang Selaput Otak, bapak/ibu jemaah haji akan mendapatkan ICV (International Certificate of Vaccination). ICV ini harap dijaga dengan baik seperti dokumen penting lainnya jangan sampai hilang,” ujar Nurjali.

Dalam sambutannya, Nurjali menyampaikan pesan Kepala Dinkes kepada calon jemaah haji untuk selalu menjaga kesehatan agar kondisi tetap fit hingga waktunya berangkat nanti. Upaya untuk menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan tidak tidur larut malam, pagi setelah sholat subuh sempatkan berolahraga dengan jalan di depan rumamh selama 30 menit.

Sebelum menerima vaksin meningitis, calon jemaah haji diperiksa gula darah dan kolesterol terlebih dahulu kemudian dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Jemaah yang dalam pemeriksaan dan wawancara terdapat keluhan akan dirujuk untuk diperiksa di rumah sakit.



Penulis : Suryani
Editor : Meki Ansori

 


131x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 3.235.195.196
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved