Diposting Pada: Selasa, 16 Agustus 2022
Meriahkan Hut Ke-77 Republik Indonesia, DWP Kemenag Kab. Batang Hari Gelar Tes IVA dan Sadanis


Meriahkan Hut Ke-77 Republik Indonesia, DWP Kemenag Kab. Batang Hari Gelar Tes IVA dan SadanisBatang Hari (Humas) -- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari menyelenggarakan Tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis) bagi pengurus, anggota DWP Kemenag Kab. Batang Hari, dan masyarakat umum pada Senin (15/08/2022) di Aula Kantor. Acara ini digelar sebagai bentuk partisipasi atas program nasional DWP Kementerian Agama RI dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.

Ditingkat Provinsi Kegiatan ini telah dilaksanakan secara serentak pada tanggal 10 Agustus 2022. Khusus di Provinsi Jambi kegiatan dipusatkan di Kanwil Kemenag Prov Jambi, DWP Kemenag Kab. Batang Hari sebagai DWP dengan jumlah peserta tes terbanyak berkesempatan melaksanakan kegiatan ini secara mandiri di Kemenag Kab. Batang Hari.

Ketua DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari, Ny. Yuliana Al Jufri menjelaskan bahwa Tes IVA dan Sadanis ini diikuti oleh pengurus dan anggota DWP Kemenag Batang Hari dan dibuka untuk masyarakat umum dengan peserta yang telah mendaftar kurang lebih 65 orang. “Jumlah peserta tes ini kemungkinan masih akan bertambah karena kemungkinan ada peserta yang tidak mendaftar pada Link Pendaftaran, namun langsung datang untuk mengikuti kegiatan ini,” ujar beliau.

Selanjutnya Ny. Yuliana Al Jufri juga mengucapkan terima kasih atas arahan dan bimbingan dari Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi Jambi yang senantiasa memberikan dukungan atas setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh DWP Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari.

Ketua DWP Kabupaten Batang Hari, Hj. Uliyati Muhammad Azam mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi DWP Kemenag Batang Hari yang telah menyelenggarakan kegiatan ini yang membawa manfaat positif dan mengandung unsur kebaikan yang perlu didukung bersama demi kepentingan masyarakat. “Tes IVA dan Sadanis ini merupakan bentuk pencegahan dini sebelum terjadinya bahaya penyakit kewanitaan,” sebut beliau.

Beliau mengajak seluruh angota dan penggurus DWP Kemenag Batang Hari untuk tidak perlu ragu dan takut mengikuti kegiatan ini. “Jangan takut, jangan malas dan jangan malu. Jangan sampai sudah parah baru mau berobat,” himbau Ny. Hj. Uliyati.

Ketua DWP Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, Ny. Fatimah Huriyah Zoztafia menyampaikan bahwa Tes IVA dan Sadanis ini merupakan langkah nyata kepedulian DWP Kementerian Agama dalam mencegah bahaya kanker serviks dan payudaya yang menjadi momok menakutkan bagi wanita. “Bersyukur atas pelaksanaan tes ini demi kesehatan bersama. Jadi, mari ikuti tes ini. Jangan malu dan takut agar dapat mengetahui kesehatan diri sendiri dari bahaya kanker serviks dan payudara,” kata beliau.

Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi Jambi meminta dukungan seluruh pengurus dan anggota DWP Kemenag Batang Hari atas penyelenggaraan tes IVA dan Sadanis ini agar dapat terlaksana secara maksimal. Termasuk, dukungan penuh atas setiap kegiatan lain yang direncanakan oleh DWP Kemenag Batang Hari. “Semoga acara berjalan secara baik dan menjadi berkah bersama. Tanpa kekompakan dan kebersamaan, maka program-program tersebut tidak akan dapat berjalan dengan baik. Semoga tetap kompak, jaya dan sukses,” seru beliau.

Sementara itu, dr. Melince Melania Panjaitan dari pihak Puskesmas Muaro Bulian yang telah ditunjuk dalam pelaksanaan tes IVA dan Sadanis di Kemenag Batang Hari tersebut mengucapkan terima kasih kepada DWP Kemenag Batang Hari telah membantu salah satu program Puskesmas Muara Bulian yaitu IVA Mobile. Selama ini Puskesmas Muara Bulian telah menjalankan Tes IVA dan Sadanis dengan berkeliling ke kantor maupun ke acara-acara yasinan.



Penulis : Suryani
Editor : Meki Ansori

 


179x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 3.223.3.251
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved