Diposting Pada: Jumat, 23 September 2022
Seksi Bimas Islam Selenggarakan Kegiatan Bimbingan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin


Seksi Bimas Islam Selenggarakan Kegiatan Bimbingan Pra Nikah Bagi Calon PengantinBatang Hari (Humas) -- Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari selenggarakan kegiatan bimbingan pra nikah bagi 25 pasang calon pengantin di Aula setempat pada Senin (19/09). Kegiatan ini diselenggarakan guna memenuhi regulasi yang berlaku dimana calon pengantin yang telah mendaftarkan diri, setelah melalui pengecekan berkas dan memenuhi syarat untuk menikah wajib memperoleh bimbingan pranikah.

Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Kasubbag TU H. Muslim, S.Ag., M.Sy mewakili Kepala Kemenag yang berhalangan hadir pada kesempatan tersebut. Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua BP4 Kab. Batang Hari H. Bustomi, S.Ag., M.Pd.I, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab. Batang Hari Dr. Yudhawati Retno Utami, M.KM, serta Sekretaris Dinas PPKBP3A Kab. Batang Hari Lenida Putri, S.Pd.

Kasubbag TU dalam pemaparannya menyampaikan bahwa tujuan dari pernikahan selain menjalankan perintah agama juga menjadikan tiap pasangan bahagia. Menjadi pasangan bahagia tentunya tidak mudah mengingat pernikahan adalah penyatuan dua insan yang berbeda.

“Untuk itu, tentu tiap pasangan harus bisa saling menghormati, menghargai, menyayangi dan saling percaya untuk terbentuknya pernikahan yang sakinah, mawadah dan warahmah,” ujar Muslim.

Sementara itu H. Bustomi, S.Ag., M.Pd.I menjelaskan, “dalam rumah tangga suami adalah pembimbing terhadap istrinya akan tetapi mengenai hal-hal urusan rumah tangga yang penting harus diputuskan oleh suami istri secara bersama.”

Kemudian Dr. Yudhawati Retno Utami, M.KM dalam memaparkan secara rinci dalam materinya mengenai kesehatan reproduksi dan seksual bagi calon pengantin. “Pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi adalah hal yang sangat penting agar kita dapat menjaga kesehatan dan fungsi organ tersebut” tegas beliau.

Selanjutnya Lenida Putri, S.Pd. memaparkan mengenai Kekerasan Dalam Rumah Tangga mulai dari bentuk-bentuk KDRT, faktor, penyebab dan dampak KDRT hingga mengenai perlindungan anak. “Kekerasan dalam rumah tangga akan menimbulkan banyak dampak negatif baik secara fisik maupun psikis terhadap korban. Bahkan dampak tersebut tidak hanya dirasakan oleh korban melainkan juga keluarga dan komunitasnya,” jelas Lenida.

Setelah mengikuti kegiatan bimbingan pra nikah diharapkan calon pengantin nantinya dapat membangun rumah tangga yang bahagia sehingga tidak terjadi perceraian maupun kekerasaan dalam rumah tangga.



Penulis : Suryani
Editor : Meki Ansori

 


111x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 18.232.127.73
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved