Diposting Pada: Jumat, 23 September 2022
Tim Penilai Madrasah Sehat Kunjungi Tiga Madrasah di Kabupaten Batang Hari


Tim Penilai Madrasah Sehat Kunjungi Tiga Madrasah di Kabupaten Batang HariBatang Hari (Humas) -- Tim Penilai Lomba Madrasah Sehat tingkat Provinsi melakukan penilaian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di tiga madrasah yang menjadi wakil Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari yaitu MIN 1 Batang Hari, MTsN 3 Batang Hari dan MAN 2 Batang Hari pada Kamis (22/09).

Kegiatan Lomba sekolah sehat yang khusus diadakan untuk Madrasah ini merupakan yang pertama kalinya di Provinsi Jambi. Tim Penilai Madrasah Sehat tahun 2022 ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi yaitu Elimar dan didampingi oleh Desmita Gustisari Staf Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. Jambi dan Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Batang Hari Aprizal, S.Pd., M.Pd.

Di setiap Madrasah yang dikunjungi, Elimar mengecek langsung kelengkapan administrasi, kebersihan lingkungan, pengolahan limbah, makanan yang disediakan kantin serta kemampuan kader-kader UKS dan peserta didik dalam menjalankan hidup bersih.

Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah merupakan bagian penting dari sebuah sekolah, dengan adanya UKS diharapkan sekolah memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh warga madrasah. Pelayanan kesehatan di sekolah diutamakan pada upaya meningkatkan kesehatan (upaya promotif) dan upaya pencegahan penyakit (upaya preventif) serta upaya penyembuhan dan pemulihan (kuratif dan rehabilitatif). Output yang diharapkan dari keberadaan UKS adalah siswa-siswi tidak ada lagi yang sakit dan dapat menjalani hidup bersih dan sehat.

Walaupun tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menilai madrasah sehat, Tim Penilai juga memberikan pengarahan dan masukan-masukan kepada pihak madrasah. Menurut Elimar ketika berbicara mengenai UKS mindsetnya harus kita ubah. “Jangan lagi kita punya mindset kalau UKS adalah ruangan untuk berobat bagi siswa yang sakit karena itu hanya bagian kecil dari UKS” ujar Elimar.

Menurut Elimar setiap kelas wajib memiliki 2 tempat sampah yang terdiri dari sampah basah dan sampah kering. “Siswa harus mampu memilah-milah sampah yang akan dibuang, jangan sampai hanya disediakan tempat sampahnya tapi isi dalam sampahnya masih tercampur antara sampah kering dan basah,” tegasnya.

Aprizal, S.Pd., M.Pd. selaku Kasi Pendidikan Madrasah menjelaskan bahwa dalam sebuah lomba sudah jelas ada yang menang dan kalah. Namun tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana madrasah ini kedepannya tetap terjaga dengan bersih dan sehat. Jika kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, Kasi Pendidikan Madrasah akan mengupayakan untuk melaksanakan kegiatan lomba madrasah sehat ditingkat Kabupaten Batang Hari.

Kasi Pendidikan Madrasah menyampaikan bahwa penilaian ini akan dilakukan secara adil. “Perlu diketahui bapak/ibu, penilaian madrasah sehat ini di 11 kabupaten/kota akan dilakukan oleh satu orang yaitu Ibu Elimar sehingga tidak akan ada perbedaan dari penilai”, ujar Aprizal.

Terakhir beliau juga mengucapkan terima kasih kepada setiap kepala dan semua guru di MIN 1, MTsN 3 dan MAN 2 yang telah jauh-jauh hari bersiap untuk menghadapi penilaian lomba madrasah sehat ini. Beliau juga berharap akan ada madrasah dari Batang Hari yang nantinya dapat mewakili Provinsi Jambi untuk bersaing di tingkat nasional.



Penulis : Suryani
Editor : Meki Ansori

 


147x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 18.232.127.73
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved