Diposting Pada: Rabu, 16 November 2022
Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun Kantor Kemenag Kab. Batang Hari


Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun Kantor Kemenag Kab. Batang HariBatang Hari (Humas) -- Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kabupaten Batang Hari mengadakan kegiatan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun yang dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Batang Hari Drs. Al Jufri, M.Pd.I dengan didampingi oleh Kasi PHU Helmi, S.Ag.

Pembukaan Kegiatan Manasik Haji Sepanjang Tahun yang dilaksanakan pada Hari Senin (14/11) di Aula Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu tersebut dihadiri oleh para Kasi serta Staff dan Jajaran Seksi PHU di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari. Peserta kegiatan adalah Jamaah Calon Haji yang akan berangkat pada tahun 2023 mendatang sebanyak 86 orang.

Akhmad Syargawi selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Manasik Haji adalah memberikan bekal dan pengetahuan terhadap Jamaah Calon Haji agar dapat mandiri dalam melaksanakan rangkaian ibadah.

Pada kesempatan yang sama, AL Jufri dalam sambutannya, sebelum membuka acara tersebut berpesan kepada para Jamaah Calon Haji untuk senantiasa memelihara niat untuk berangkat haji walaupun harus tertunda cukup lama dikarena Pandemi Covid-19.

"Biasanya kalau menunggu-nunggu, sering kali hati kita dibolak-balik sehingga tergiur dengan hal-hal duniawi dan akhirnya mengurungkan niat ibadah haji. Saya tidak ingin akibat tertundanya keberangkatan haji kemarin, niat kita menjadi berubah," ujar Al Jufri.

Lebih lanjut Al Jufri menyampaikan bahwa Ibadah Haji adalah ibadah fisik, maka penting bagi kita untuk menjaga kesehatan baik itu kesehatan jasmani maupun rohani. Yang tak kalah penting, Al Jufri menekankan kepada Jamaah Calon Haji untuk memperbanyak literasi mengenai tata cara ibadah dan tempat-tempat sejarah yang akan dikunjungi nantinya.

"Penting sekali bagi kita untuk membaca dan mencari sumber informasi mengenai tempat-tempat bersejarah di Mekkah, agar ketika sampai disana kita dapat merasakan nilai-nilai yang terkandung disana. Jangan sampai ketika disana kita justru merasa sedang berwisata," tegas Al Jufri.

Sementara itu, H. Bustomi, S.Ag., M.Pd.I dari IPHI Kab. Batang Hari menyampaikan paparan dan penjelasan materi terkait Dasar dan Hikmah Ibadah Haji. Beliau menjelaskan bahwa Ibadah Haji merupakan panggilan pagi kita, bahkan sebelum lahir pun kita sudah di panggil untuk beribadah ke Masjidil Haram. Beliau juga menjelaskan bahwa sesungguhnya Ibadah Haji tujuannya adalah untuk menyempurkan ibadah.

"Ibadah Haji ini merupakan Rukun Islam yang Ke-5, dengan kita berangkat haji diharapkan Rukun Islan yang lainnya sudah kita jalankan," papar Bustomi.

Sebelum ditutup, sesi terakhir kegiatan Manasik Haji ini diisi materi oleh Nurjali, S.Km., M.Kes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Hari tentang Pembinaan Kesehatan Haji.



Penulis : Suryani
Editor : Meki Ansori

 


245x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 18.232.127.73
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved