Batang Hari (KUA Kec,Batin XXIV)- Dalam Islam, pernikahan adalah termasuk bagian dari ibadah karena mengikuti sunnah nabi Muhammad SAW. Lebih khusus, beliau menganjurkan" /> Batang Hari (KUA Kec,Batin XXIV)- Dalam Islam, pernikahan adalah termasuk bagian dari ibadah karena mengikuti sunnah nabi Muhammad SAW. Lebih khusus, beliau menganjurkan" />

 


Diposting Pada: Senin, 00 00 0000
SEDERHANA PADA SELAMATAN PERNIKAHAN


SEDERHANA PADA SELAMATAN PERNIKAHAN

Batang Hari (KUA Kec,Batin XXIV)- Dalam Islam, pernikahan adalah termasuk bagian dari ibadah karena mengikuti sunnah nabi Muhammad SAW. Lebih khusus, beliau menganjurkan “segeralah untuk menikah bagi laki-laki dan perempuan yang sudah mampu”. Setiap pelaksanaan pernikahan senantiasa diikuti dengan acara selamatan (walimatul urs), disamping ini tradisi namun juga dianjurkan dalam Islam agar kedua pasangan yang menikah diketahui oleh halayak/masyarakat setempat.



Kebiasaan seperti ini adalah sesuatu yang positif akan tetapi perlu juga untuk dicermati dan dipahami dengan baik oleh umat Islam agar tidak salah dalam pelaksanaannya. Sisi yang perlu untuk diperhatikan adalah bahwa melaksanakan selamatan (walimatul urs) dalam suatu pernikahan agar sesuai dengan kemampuan, tidak berlebih-lebihan, memaksakan keadaan untuk menuruti meinginan apalagi setelah itu menimbulkan suatu kondisi/permasalahan khususnya bagi pihak keluarga.



Hal ini sering disampaikan oleh Kepala KUA Kec.Batin XXIV Muhammad Sahid, pada saat pelaksanaan nikah.Masih menurut beliau, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah syarat sahnya pernikahan menurut Islam dan memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah, apabila keadaan kita benar-benar mampu secara ekonomi, boleh-boleh saja selamatan pernikahan sesuai keinginan dan beliau berharap dalam selamatan pernikahan senantiasa ditampilkan selalu kesenian Islam seperti barzanji-marhaban dan sebagainya. Shd-Btn.



 



 



red:uc

 


3010x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 3.223.3.251
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved